Aktivitas Positif setelah UN

Alhamdulillah, saya bisa kembali meng-update blog ini lagi. Dengan alasan fokus UN, saya ‘mengistirahatkan’ blog ini, he he 🙂
Dulu, waktu persiapan menghadapi UN, teman-teman saya pada bingung mencari bimbel ke sana – ke mari (kalau saya terbiasa belajar sendiri). Nah, setelah UN selesai, mereka (termasuk saya) kebingungan mengisi waktu senggang. Banyak yang mengeluh,” Ngapain setelah UN?”.
Pada kesempatan ini saya memberikan beberapa saran untuk mengisi ‘waktu yang berlimpah-ruah’ daripada percuma terbuang sia-sia. Tapi, saya hanya menyarankan kegiatan yang positif saja.
1. Membantu pekerjaan orang tua
Dengan alasan ‘fokus’ UN (alasan yang mungkin dibuat-buat), banyak dari kita yang tidak mau membantu pekerjaan orang tua. Sekarang saatnya untuk membantu mereka. Tapi, bagi orang yang suka ngelesZ, masih punya seribu alasan lain untuk menghindar.
2. Belajar materi pelajaran dan latihan soal-soal
“Kita kan sudah selesai ujian, untuk apa kita belajar?”
“Kita HARUS refreshing, kita bisa stress jika terlalu banyak belajar!”
Kedua pernyataan itu mungkin alasan kuat yang membuat kebanyakan kita ‘alergi’ melihat buku pelajaran. Tapi, ingat, untuk bisa menjadi orang sukses dibutuhkan kerja keras. Khususon kelas XII dalam antisipasi menghadapi SBMPTN. Saya tegaskan, orang tidak akan pernah rugi karena belajar!
3. Liburan
Ini mungkin yang paling sering dijadikan pilihan untuk mengisi waktu belajar. Apakah salah? Tidak! Kita memang butuh refreshing. Tapi jangan berlebihan. Ingat poin ke-2.
Saya pribadi bisa berwisata ke kebun belakang rumah atau sawah terdekat. Pemandangannya masih sip, ya mirip-mirip dengan yang di ‘jejak petualang trans7’. Yang tinggal di kota jangan sirik ya,…
4. Blogging
Anak muda sekarang banyak yang ‘kecanduan’ sama yang namanya facebook dan twitter. Kebanyakan mereka cuma komen-komenan yang GeJe atau update status alay, hanya membuang-buang waktu. Mending kita blogging. Dengan blogging banyak hal positif yang akan kita dapat seperti: bisa saling berbagi ilmu, info dan wawasan; mencari teman ‘bermutu’; belajar menulis yang baik; dll.
Hanya itu yang dapat saya sarankan untuk mengisi waktu setelah UN. Anda punya saran lain??

Categories: Pendidikan, Terbaru | 1 Komentar

Navigasi pos

One thought on “Aktivitas Positif setelah UN

  1. Yudosa

    Termasuk agan yg nulis blog ni alasan UN kalo suruh ngebantu org tua

silahkan tulis komentar Anda

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.